Senin, 12 Desember 2016

Tahap Perkembangan Peserta Didik

        
Tahap-tahap dan Ciri Perekmebangan Peserta Didik

     Tahap Perkembangan Biologis
a.       Masa Prenatal
Periode ini terjadi pada saat itu anak masih berada dalam kandungan dan sangat penting sebagai pembentukan manusia yang biasa berdampak sepanjang hidup. Memiliki tiga fase, yang pertama, yaitu pengalihan gen dari orangtua bila terjadi gangguan ciri fisik ataupun psikologinya akan terganggu. Kedua, pembentukan organ tubuh serta jenis kelamin, bila terjadi gangguan akan mengakibatkan cacat bawaan. Ketiga, lingkungan dari kandungan dipengaruhi oleh kondisi psikologi dan fisik sang ibu.
b.      Masa Bayi
1)      Infancy (orok): selama 2 minggu sejak lahir.
a)      Fase partunatal, yaitu 30 menit setelah kelahiran bayi masih merasa bersatu dan tergantung seutuhnya kepada ibunya.
b)      Fase neonatal, yaitu setelah plasenta dipotong, bayi mulai berdiri sendiri sebagai individu.
Masa ini menjadi hal utama karena mulai menyesuiakan diri terhadap situasi dan kondisi.
2)      Babyhood (bayi): 2 tahun setelah masa jabang bayi.
Masa ini pembentuk dasar kepribadian, mengalami pertumbuhan secara cepat, sekaligus ketergantungan dengan ibu berkurang. Bayi mulai mengenal banyak orang dan peran seksual sebagaimana laki-laki.
c.       Masa Kanak-kanak Awal (early childhood)
Berlangsung dari umur 2 tahun sampai 6 tahun. Ini merupakan masa sulit karena anak menjadi susah dikontrol dan mulai sadar ia bisa melakukan apapun tanpa bantuan orang lain dan merasa tidak harus tunduk dengan lingkungan.
d.        Masa Kanak-Kanak Akhir (Late Childhood)
Berlangsung 6 tahun sampai oragan seksualnya masak, pada umur 12-13 tahun untuk wanita dan 14-15 tahun untk pria. Anak-anak belajar mandiri, norma-norma absolut kini menjadi relatif, membanding-bandingkan dengan apa yang ia punya.
e.       Masa Pubertas (akil baligh)
Pubertas ditandai dengan masak nya alat reproduksi, secara fisik sudah siap beranak-pinak, kemudian daya tarik terhadap lawan jenis lebih kuat. Pada masa ini merupakan masa tumpang tindih dan lebih sulit dibandingkan dengan masa sebelumnya sebagai individu. Hal ini ditandai dengan menstruasi untuk wanita dan mimpi basah untuk pria.
f.       Masa Remaja (Adolesence)
Ini adalah masa transisi, yang sangat sulit dari masa sebelumnya, secara umum merupakan klimaks. Hal ini dapat diuji individu telah mempunyai pola perilaku yang lebih mantap. Masa remaja dibagi dua yaitu remaja awal dan sekitar 13-17 tahun, dan remaja akhir sekitar 17-18 tahun.
g.      Masa Dewasa Awal (Early Adulthood)
Berkisar anatara 18-40 tahun. Ini adalah masa pemantapan diri terhadap pola hidup baru/keluarga. Banyak kegiatan yang mulai ditinggalkan, seperti hura-hura, nongkrong. Memikirkan hal-hal yang lebih penting seperti memilih pasangan hidup dan menjadikan cita-cita lebih riil.
h.      Masa Dewasa Madya
Berkisar antara 40-60 tahun, kehidupan umumnya sudah mapan, berkeluarga dan memiliki beberapa anak. Pada masa ini pria dan wanita karir merupakan pencapaian tertinggi.
i.        Masa Usia Lanjut

Pada umur 60 tahun keatas, masa dimana mensyukuri yang sudah dicapai dari masa sebelumnya. Keadaan fisik sudah jauh menurun bahkan sudah pensiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar