Sabtu, 24 Desember 2016

Filsafat Alam dan Tokohnya

 
PENDAHULUAN
Alam ialah seluruh zat dan energi, khususnya dalam bentuk esensinya. Alam ialah mata pelajaran studi ilmiah. Dalam skala, "alam" termasuk segala sesuatu dari semesta pada subatom. Ini termasuk seluruh hal binatang, tanaman, dan mineral; seluruh sumber daya alam dan peristiwa (tornado, gempa bumi). Juga termasuk perilaku binatang hidup, dan proses yang dihubungkan dengan benda mati.Filsafat alam (dari bahasa Latin philosophia naturalis) adalah istilah yang melekat pada pengkajian alam dan semesta fisika yang pernah dominan sebelum berkembangnya ilmu pengetahuan modern. Filsafat alam dipandang sebagai pendahulu ilmu alam semisal fisika. Filsafat ilmu pengetahuan alam bertanggung jawab untuk membentuk kesatuan pandangan dunia yang di dalamnya ilmu pengetahuan alam, filsafat dan kemanusian yang mempunyai hubungan erat.
 
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Filsafat Alam
Filsafat alam adalah kajian ilmu pengetahuan yang memikirkan akan alam besar. Dari mana terjadinya sebuah alam itulah yang menjadi soal untuk para tokoh didalamnya. Ilmu pengetahuan alam merupakan bentuk refleksif (relefxion form) dari proses belajar yang ada dalam struktur tindakan instrumentasi, yaitu tindakan yang ditujukan untuk mengendalikan kondisi eksternal manusia. Ilmu pengetahuan alam terkait dengan kepentingan dalam meramal (memprediksi) dan mengendalikan proses alam. Filsafat alam (dari bahasa Latin philosophia naturalis) adalah istilah yang melekat pada pengkajian alam dan semesta fisika yang pernah dominan sebelum berkembangnya ilmu pengetahuan modern. Filsafat alam dipandang sebagai pendahulu ilmu alam semisal fisika. Bentuk-bentuk ilmu pengetahuan per sejarahnya berkembang di luar filsafat, atau lebih khususnya filsafat alam.
B.     Tokoh-tokoh Filsafat Alam
1.           THALES
Thales berasal dari Miletus, Asia Kecil, Yunani Kuno sekitar 624 SM dan meninggal sekitar tanggal 546 SM. Pada tahun itu Miletus merupakan kota penting yaitu sebagai jalur perdagangan antara Yunani, Italia, Mesir, dan Asia. Sehingga karena sebagai kota transit inilah terjadi pertemuan antar Negara-negara tersebut dan terjadi pertukaran latar belakang kebudayaan dan pemikiran. Dan karena itulah sehingga kota Miletus juga dikenal sebagai pusat intelektualitas. Thales dikenal banyak orang melalui cerita mulut ke mulut, hingga fakta tentang kehidupan Thales sulit dipercaya karena telah bercampur dengan dongeng. Thales dianggap sebagai Bapak Filsafat, gelar yang diberikan oleh Aristoteles. Sehingga para sejarawan sepakat menyatakan sepakat dengan hal itu. Thales dikabarkan telah berkenala ke Mesir untuk mendapatkan pengetahuan, dan setelah kepulanganya dia membawa keilmuan yang sangat berharga yakni ilmu geomatri(Ilmu ukur). Sebuah cerita yang menceritakan bahwa Thales adalah seorang saudagar yang benyak berlayar ke negeri Mesir. Dia juga seorang ahli politik di Miletus, ahli perbintangan, Matematika bahkan dalam hal Astronomi. Filosofinya hanya diajarkan dari mulut ke mulut sehingga dia tidak meninggalkan suatu karya, meskipun dialah filosof pertama Yunani. Thales tidak pernah mnegatakan bahwa dirinya adalah filosof, namun saat Aristoteles menuliskan tentang Thales, disitulah dia disebut Bapak Filosofis.[4]Thales dianggap sebagai filusuf karena dia mengetahui bahan dasar dari alam semesta melalui akalnya dengan sebuah pertanyaan yang sangat radikal, What is the nature of the world stuff?(Apa sebenarnya bahan alam semesta ini?). dia menemukan atas jawabanya yaitu bahan dasar alam semesta ini adalah air dan bumi yang mengapung di atas air. Dia mneyatakan air sebagai bahan dasar karena dia pernah datang ke Mesir dengan meneliti air Sungai Nil yang dijadikan ketergantungan masyaraka sekitar Sungai Nil itu. Sedangkan bumi yang mengapung diatas air, karena dia melihat lautan yang begitu luas sementara daratan lebih kecil dari lautan, sehinga dia mengambil kesimpulan daratan muncul dari lautan. Selain itu Thales juga menyimpulkan satu pemikiran filsafat, yaitu bahwa magnet memiliki jiwa karena bisa menggerakkan besi.
 
2.           ANAXIMANDROS
Sebagaimana Thales, Anaximandros juga penduduk Miletus yang lahir sekirat tahun 610-547 SM. dia lebih muda 15 tahun dari Thales, namun meninggal dua tahun dari Thales. Dia merupakan murid dari Thales. Dalam kehidupanya dia dikenal sebagai seorang yang sering melakukan pengamatan dan observasi terhadap segala sesuatu. Anaximander adalah orang yang pertama membuat peta bumi dan dia juga sangat berjasa dalam bidang geografi dan astronomoi.  Anaximandros adalah murid dari Thales meskipun dia filosof lebih besar daripada gurunya.Menurut Apollodorus, seorang penulis Yunani kuno, Anaximandros (610-546 SM) telah berumur 63 tahun pada saat Olimpiade ke-58 yang dilaksanakan tahun 547/546 SM.Karena itu, diperkirakan Anaximandros lahir sekitar tahun 610 SM. Kemudian disebutkan pula bahwa Anaximandros meninggal tidak lama setelah Olmpiade tersebut usai, sehingga waktu kematiannya diperkirakan pada tahun 546 SM. Menurut tradisi Yunani kuno, Anaximandros memiliki jasa-jasa di dalam bidang astronomi dan geografi. Misalnya saja, Anaximandros dikatakan sebagai orang yang pertama kali membuat peta bumi. Usahanya dalam bidang geografi dapat dilihat ketika ia memimpin ekspedisi dari Miletos untuk mendirikan kota perantauan baru ke Apollonia di Laut Hitam. Selain itu, Anaximandros telah menemukan, atau mengadaptasi, suatu jam matahari sederhana yang dinamakan gnomon.Ditambah lagi, ia mampu memprediksi kapan terjadi gempa bumi. Seperti dengan gurunya, Anaximandros juga mencari tentang asal-usul segalanya, karena dia tidak menerima semua apa yang dikatakan Thales. Anaximandros menuliskan pemikiranya dalam sebuah buku dengan keterangan yang sangat jelas. Oleh sebab itu keterangan-keterangannya dipandang orang sebagai filosofi yang paling kuat. Dia berpendapat bahwa asal dari segala sesuatu adalah yang satu, yakni tidak berhingga dan tidak berkeputusan. Yang satu inilah sebagai dasar dari alam, yang kemudian dinamai oleh Anaximandros dengan Apeiron. Apeiron itu tidak dapat dirupakan, tidak ada persamaanya dengan salah satu barang yang kelihatan di dunia ini. Segala yang tampak mempunyai akhir, hidup, mati dan lenyap. Semua itu terjadi daripada aperion dan kembali pula pada aperion.  Anaximandros juga menganggap jiwa yang menjadi dasar hidup itu serupa dengan udara. Anaximandros menyatakan bahwa bumi pada awalnya dibalut oleh udara yang basah. Karena berputar terus-menerus, maka berangsur-angsur bumi menjadi kering. Akhirnya, tinggalah udara yang basah itu sebagai laut pada bumi.
 
 3.           ANAXIMENES
Anaximenes is said to have lived between 588 and 526 BC. He was the last of the first three Greek philosophers from  Miletus. The  details  of  his  life  are  almost  totally unknown,  and  his  doctrine  seems  to be  a  decided retrogression from the stage reached by Anaximander. Pada tahun 494 SM kota Miletus diserang dan ditaklukkan Persia, kerena itu banyak ahli-ahli pikir lari dari Miletus. Kepergian mereka menjadikan hilang nama Miletus sebagai pusat pengajaran filosofi alam. Akhir kemajuan filosofi terjadi tidak lama setelah dia meninggal. Anaximenes adalah murid dari Anaximandros, sebab itu tidak salah apabila pandanganya tentang alam semesta akan bahan dasarnya satu pandangan dengan gurunya. Dia mengajarkan bahwa barang yang asal itu “satu” dan tidak berhingga, hanya saja dia menolak ajaran gurunya bahwa barang yang asal itu tidak ada persamaanya dengan barang yang lahir dan tidak dapat digambarkan. Anaximenes menulis sebuah buku, tetapi sebagaimana yang terjadi pada gurunya, yang tersimpan hanya satu fragmen. Kelangkaan buku-buku karya mereka karena adanya perang yang dapat merusak segalanya, termasuk dokumentasi hasil peikiran seseorang. Dia lebih mempercayai sesuatu yang dapat ditangkap indera sebagai bahan dasar alam semesta, daripada seseuatu yang tidak tampak. Meskipun Anaximenes menyamakan antara udara dan jiwa, tapi dia membedakan antara benda hidup dan benda mati. Berbeda dengan Thales yang mengatakan bahwa segala sesuatu memiliki jiwa. Menurutnya benda mati tidak memiliki jiwa, karena tidak ada udara didalamnya
 
PENUTUP 
Filsafat alam adalah kajian ilmu pengetahuan yang memikirkan akan alam besar danadri mana terjadinya sebuah alam. Alam disini menjadi pusat utama dalam hal pngetahuan mengenai terjadinya alam semesta. Alam ialah seluruh zat dan energi, khususnya dalam bentuk esensinya. Alam ialah mata pelajaran studi ilmiah. Ada satu madzhab diawal lahirnya filsafat itu sendiri, yaitu madzhab Milesian. Madzshab Milesian ini diambil dari sebuah nama kota, yaitu kota Miletus tempat kelahiran para filusuf awal yaitu Thales, Anaximender, Anaximenes.
Sehingga Pada zaman yunani kuno di pandang dan di anggap sebagai zaman keemasan filsafat, karena pada masa ini orang memiliki kebebasan untuk mengungkapakan ide dan pendapat, oleh karena itu pada zaman yunani kuno di anggap sebagai gudangnya ilmu dan filsafat. Perkembangan ilmu pengetahuan hingga sekarang, tidak merupakan hasil pembalikan telapak tanggan kita. Perkembangan ilmu yang semakin pesat hingga sekarang ini terjadi karena proses,tahapan dan juga evolutif.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar