Senin, 12 Desember 2016

Pengertian Perkembangan dan Pertumbuhan


Perkembangan dan Pertumbuhan
       Istilah perkembangan dan pertumbuhan sering digunakan orang secara ilmiah “interchangeably”, artinya kedua istilah itu dipakai secara silih berganti dengan maksud yang sama. Sebenarnya, masing-masing istilah ini mempunyai pengertian yang berbeda, dan perbedaan ini masih jarang diperhatikan orang, begitu pula oleh sebagian orang besar para ahli atau penulis tentang psikologi pendidikan.
      
    Ada beberapa perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan lebih banyak berkenaan aspek-aspek jasmaniah atau fisik, sedangkan perkembangan dengan aspek-aspek psikis atau rohaniah. Pertumbuhan menunjukan perubahan atau penambahan secara kuantitas, yaitu penambahan dalam ukuran besar atau tinggi, sedangkan perkembangan berkenaan dengan meningkatkan kualitas, yaitu peningkatan dan penyempurnaan fungsi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan berkenaan dengan penyempurnaan struktur, sedangkan perkembangan dengan penyempurnaan fungsi.      

Pengertian Perkembangan
     Dalam penjelasan mengenai teori perkembangan terdapat perbedaan di dalam memahami apa yang dimaksud dalam perkembangan dan mengenai cara perkembangan berlangsung. Namun, terdapat beberapa prinsip umum yang didukung hampir semua para ahli, yaitu seperti berikut.
a.       Manusia berkembang dalam tingkat yang berbeda
Dalam kelas anda akan memiliki seluruh bentangan contoh mengenai tingkatan perkembangan yang berbeda. Beberapa siswa akan lebu=ih besar, terkoodinasi lebih baik, atau lebih dewasa dibanding dengan yang lainnya.
b.      Perkembangan relatif runtut
Orang cenderung mengembangan kemampuan tertentu sebelum kemampuan yang lain.
c.       Perkembangan berjalan secara gradual
Sangat jarang perubahan terjadi setiap hari. Jadi, di dalam perkembangan manusia membutuhkan waktu, dan perkembangan itu berjalan relative sangat lambat dan tidak setiap hari berlangsung.
Istilah perkembangan (development) dalam psikologi merupakan sebuah konsep yang cukup rumit dan kompleks. Di dalamnya terkandung banyak dimensi. Oleh sebab itu, untuk dapat memahami konsep perkembangan, perlu terlebih dahulu memahami beberapa konsep lain yang terkandung di dalamnya, di antaranya; pertumbuhan, kematangan, dan perubahan.

Para ahli berbeda-beda dalam memberikan pengertian tentang perkembangan :
§   E. B. Hurlock; perkembangan merupakan serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman, dan terdiri atas serangkaian perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif.
§   Arifin; perkembangan merupakan perubahan-perubahan dalam bentuk bagian tubuh dan integrasi dan hanya dapat dilihat gelaja-gejalanya
§  F.J. Monks, dkk. (2001); perkembangan menunjuk pada suatu proses ke arah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja dapat diulang kembali. Perkembangan menunjuk pada perubahan yang bersifat tetap dan tudak dapat diputar kemabali. Perkembangan juga dapat diartikan sebagai proses yang kekal dan tetap yang menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi, berdasarkan pertumbuhan, pematangan, dan belajar (F.J. Monks, dkk, 2001: 1)

Perkembangan juga dapat diartikan sebagai suatu proses perubahan dari diri individu atau organisme, baik fisik (jasmaniah) maupun psikis (rohaniah) menuju tingkat kedewasaan atau kematangan yang berlangsung secara sistematis, progresifm dan berkesinambungan. Yang dimaksud dengan sistematis, progresif, berkesinambungan adalah :
·         Sistematis, artinya perubahan dalam perkembangan saling ketergantungan dan saling memengaruhi;
·         Progresif, artinya perubahan yang bersifat maju, meluas, mendalam, meningkat baik secara kualitatif (fisik) dan kuantitatif (psikis)
·         Berkesinambungan, artinya perubahan yang terjadi pada setiap individu terjadi secara berurutan

Istilah perkembangan berarti serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman (Hurlock, 1976; 2). (Seifert dan Hoffnung, 1994; 9) mendefinisikan perkembangan sebagai long-term changes in a person’s growth feeling, patterns of thinking, social relationships, and motor skills. Sementara itu, Dianie E. Papilia (2008: 3) mengartikan perkembanngan sebagai perubahan yang berkesinambungan dan progresif, dalam organisme dari lahir sampai mati; pertumbuhan, perubahan dalam bentuk dan dalam integrasi dari bagian-bagian jasmaniah ke dalam bagian-bagian fungsional, dan kedewasaan atau kemunculan pola-pola asasi dari tingkah laku yang tidak dipelajari.

Jadi perkembangan adalah perubahan yang berkesinambungan dan progresif dalam organisme, dari lahir sampai mati dan tidak dapat diulang kembali. Dari pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian perkembangan, yaitu merupakan perubahan individu ke arah yang lebih sempurna yang terjadi dari proses terbentuknya individu sampai ahir hayat dan berlangsung secara terus-menerus.. secara umum, perkembangan adalah rangakian perubahan sepanjang rentang kehidupan yang bersifat progresif, teratur, berkesinambungan, dan akumulatif yang menyangkut segi kuantitatif dan kualitatif, sebagai hasil interaksi antara maturasi dan proses belajar.

Psikologi perkembangan (developmental psychology) adalah suatu ilmu yang merupakan bagian dari psikologi. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi khusus, yaitu psikologi yang mempelajari kekhususan dari tingkah laku individu. Satu cabang psikologi yang ditunjukan untuk memahami semua perubahan yang terkait dengan pertambahan usia yang dialami oleh manusia sepanjang rentang kehidupannya, yaitu perubahan di dalam kepribadian, moral, dan proses belajar berpikir.

Pembagian masa-masa perkembangan seperti yang dikemukakan oleh Harvey A. Tilker, dalam bukunya Developmental Psycology to Day (1975) oleh Elizabeth B. Hurlock dalam buku Developmental Psycology (1980) [4]:
·         Masa sebelum lahir;
·         Masa baru lahir;
·         Masa bayi;
·         Masa kanak-kanak (awal dan akhir);
·         Masa puber;
·         Masa dewasa (awal dan menengah); dan
·         Masa usia lanjut.

Pengertian pertumbuhan
Istilah perkembangan (development) dan pertumbuhan (growth) dalam arti biasa memang dikatakan hampir sama. Istilah “perkembangan” secara khusus diartikan sebagai perubahan-perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif yang menyangkut aspek-aspek psikologi.
Dapat ditarik kesimpulan dari beberapa pendapat diatas adalah bahwa perkembangan tidaklah terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melaikan di dalamnya juga terkandung serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus-menerus dan bersifat tetap dari fungsi-fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pemasakan, dan belajar
Aspek – Aspek yang Mempengaruhi Pertumbuhan:
a.       Anak Sebagai Keseluruhan.
b.      Umur Mental Anak Mempengaruhi Pertumbuhannya.
c. Permasalahan Tingkah Laku Sering Berhubungan dengan Pola – Pola Pertumbuhan.Penyesuaian Pribadi dan Sosial Mencerminkan Dinamuka Pertumbuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar