Senin, 12 Desember 2016

PENGERTIAN KOMPETENSI MENURUT PARA AHLI

Pengertian Kompetensi

Kompetensi berasal dari bahasa Inggris; competency, yang berarti kecakapan, kemampuan dan wewenang. Seseorang dinyatakan kompeten dibidang tertentu jika menguasai menguasai kecakapan bekerja pada satu bidang tertentu. Menurut Nana Syaodih ( 1997), kompetensi adalah performa yang mengarah kepada pencapaian tujuan secara tuntas menuju kondisi yang diinginkan.
Pengertian kompetensi para ahli berbeda dalam memberikan batasan tentang kompetensi sebagai berikut:

a.       Menurut Spencer (2007 : 87), kompetensi adalah menunjukan karakteristik yang mendasari perilaku yang menggambarkan motif, karakteristik pribadi (ciri khas),konsep diri, niali-nilai, pengetahuan atau keahlian yang dibawa seseorang yang berkinerja unggul (superior performer) ditempat kerja.

b.      Kompetensi adalah kemampuan kerja setaip individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

c.       Kompetensi adalah sekumpulan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai sebagai kinerja yang berpengaruh terhadap peran, perbuatan, prestasi serta pekerjaan seseorang.

d.      Kompetensi merupakan kemampuan dan kewenangan guru dalam melaksanakan prifesi keguruannya atau kompetensi yang harus ada di dalam diri seorang guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar