Senin, 12 Desember 2016

Pengertian Psikologi Perkembangan


 Pengertian psikologi perkembangan
Psikologi, menurut Mussen dan Rosenwieg adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang mind (pikiran) atau the study of mind, tetapi dalam perkembangannya kata mind berubah menjadi behavior (tingkah laku) sehingga psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.
Psikologi berasal dari Bahasa Yunani kuno yaitu Psychaē yang berarti jiwa dan Logia yang artinya ilmu. Jadi secara etimologis, psikologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa.
Secara harfiah, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa, psikologi tidak mempelajari jiwa itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa tersebut, yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga psikologi dapat di definisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku dan proses mental. Beberapa ahli berbeda pendapat dalam memeberikan batasan psikologi, yaitu sebagai berikut:

1.      Fieldman
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental.
2.      Clifford T. Morgan
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan hewan.
3.      Gardner Murpgy
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya.
4.      Kamus psikologi (Chaplin)
Psychology as a science (psikologi sebagai ilmu pengetahuan) adalah ilmu mengenai tingkah laku manusia dan binatang; studi mengenai organisme dalam segala variasi dan kompleksitasnya, untuk bereaksi terhadap perubahan yang terus-menerus dan aliran dari kejadian-kejadian fisik/ragawi dan peristiwa-peristiwa sosial yang menyusun lingkungannya.
5.      Wilhelm Wundt
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari kesadaran manusia.
6.      Woodworth dan Marquis
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, yang terlihat maupun yang tidak terlihat meliputi aktivitas fisik, emosional, dan berpikir.

Secara umum, psikologi dapat dibedakan menjadi dua cabang, yaitu psikologi teoritis dan psikologi terapan. Psikologi teoritis dibagi menjadi dua, yaitu psikologi umum dan psikologi khusus. Psikologi umum adalah psikologi teoritis yang mempelajari aktivitas-aktivitas mental manusia yang bersifat umum dalam rangka mencari dalil-dalil umum dan teori-teori psikologi. Sedangkan psikologi khusus adalah psikologi teoritis yang menyelidiki segi-segi khusus aktivitas manusia, psikologi khusus terdiri atas:
a.       Psikologi perkembangan, mengkaji perkembangan tingkah laku dan aktivitas mental manusia sepanjang rentang kehidupannya, mulai dari masa konsepsi hingga meninggal dunia.
b.      Psikologi sosial, mengkaji aktivitas manusia dalam kaitannya dengan situasi sosial.
c.       Psikologi kepribadian, mengkaji struktur kepribadian manusia sebagai satu kesatuan utuh.
d.      Psikologi abnormal, mengkaji aktivitas mental individu yang tergolong abnormal.
e.       Psikologi diferensial, menguraikan perbedaan-perbedaan antar individu.
f.       Psikologi industri, mengkaji perilaku individu dalam kaitannya dengan dunia industri.
g.      Psikologi pendidikan, mengkaji perilaku individu dalam situasi pendidikan.

Dalam usaha memahami psikologi perkembangan, kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan perkembangan. Mulanya, kata perkembanagn berasal dari biologi, kemudian pada abad ke-20 ini kata perkembangan digunakan dalam psikologi.karena perkembangannya pertama-tama digunakan dalam biologi, pada masa berikutnya ada ahli-ahli yang menyebut pertumbuhan, disamping kata perkembangan, bahkan ada orang yang menyebut kedua istilah itu untuk maksud yang sama.

Perkembangan tidak terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan didalamnya terkandung serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus-menerus dan bersifat tetap dari fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pematangan, dan belajar. Perkembangan menghasilkan bentuk-bentuk dan ciri-ciri kemampuan  baru yang berlangsung dari tahap aktivitas yang sederhana ke tahap yang lebih tinggi. Perkembangan itu bergerak secara berangsur-angsur tapi pasti, yang kian hari kian bertambah maju, mulai dari masa pembuahan dan berakhir dengan kematian.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991), “perkembangan” adalah perihal berkembang. Selanjutnya, kata “berkembang” ini berarti mekar terbuka atau membentang; menjadi besar, luas, dan banyak, serta menjadi bertambah sempurna dalam hal kepribadian, pikiran, pengetahuan, dan sebagainya. Dengan dmeikian, kata “berkembang” tidak saja meliputi aspek yang berarti abstrak, seperti pikiran dan pengetahuan, tetapi juga meliputi aspek yang bersifat konkret.
Setelah diketahui tentang batasan perkembangan maka selanjutnya diuraikan tentang pengertian psikologi perkembangan, yaitu seperti berikut:
1.      Psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang merupakan bagian dari psikologi yang mempelajari kekhususan daripada tingkah laku individu.
2.      Psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang lebih mempersoalkan faktor-faktor umum yang memengaruhi proses perkembangan yang terjadi dalam diri pribadi seseorang, dengan menitikberatkan pada relasi antara kepribadian dan perkembangan (F.J. Monks, Kenoers, Siti Rahayu Haditono).
3.      Psikologi perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang dimulai dengan masa-masa bayi, anak pemain, anak sekolah, masa remaja sampai masa menjelang dewasa.
Psikologi perkembangan (developmental psychology) adalah suatu ilmu yang merupakan bagian dari bagian psikologi. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk ke dalam psikologi khusus, yaitu psikologi yang mempelajari kekhususan dari tingkah laku individu. Satu cabang dari psikologi yang ditunjukkan untuk memahami semua perubahan yang terkait dari pertambahan usia yang dialami oleh manusia sepanjang rentan kehidupan, yang perubahan dalam kepribadian, moral, dan proses berpikir.

Dari beberapa definisi diatas, dapat diambil pemahaman yang lebih sederhana bahwa psikologi perkembangan yaitu suatu cabang dari psikologi yang membahas tentang gejala jiwa seseorang baik menyangkut perkembangan atau kemunduran perilaku seseorang sejak masa konsepsi hingga dewasa.


Objek psikologi perkembangan adalah perkembangan manusia sebagai pribadi (F.J. Monk, 2006: 1). Para ahli psikolog juga tertarik akan masalah seberapa jauhkah perkembagan manusia tadi dipengaruhi oleh perkembangan masyarakatnya. Psikologi perkembangan yang utama tertuju pada perkembangan manusianya sebagai person. Masyarakat merupakan tempat berkembangnya person. Perkembangan pribadi manusia ini berlangsung sejak konsepsi sampai mati. Perkembangan yang dimaksudkan adalah proses tertentu yang terus-menerus dan proses yang menuju ke depan dan tidak begitu saja dapat diulang kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar