Senin, 17 Oktober 2016

KONSEP – KONSEP DALAM SOSIOLOGI




1. INTERAKSI SOSIAL
 Interaksi adalah suatu hubungan timbal balik untuk mancapai suatu keinginan, tujuan maupun penyampaian maksud untuk hidup bersama dengan manusia lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
2. KONTAK SOSIAL
 Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Kontak sosial merupakan awal terjadinya interaksi social baik dilakukan secara langsung ataupun tidak.
3. KOMUNIKASI 
Komunikasi adalah “suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
4. KONFLIK 
Konflik sosial adalah suatu keadaan masyarakat yang mengalami suatu pertikaian antara anggotanya yang mengakibatkan terancamnya keutuhan msyarakat tersebut yang dilator belakangi dengan perbedaan kepentingan antar anggota.
5. INDIVIDU 
individu adalah orang, seorang, pribadi atau perseorangan.
6. ORGANISASI 
Organisasi merupakan artikulasi dari bagian-bagian yang merupakan suatu kesatuan fungsional. Yang mana bagian-bagian yang dimakasud adalah kumpulan dari beberapa anggota yang membentuk suatu komunitas.
7. AKULTURASI 
Akulturasi adalah peleburan dua unsure kebudayaan yang berbeda tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan masing-masing.
8. NORMA 
Norma (norm) adalah standar perilaku.
9. NILAI 
Nilai adalah gagasan mengenai apakah pengalaman berarti atau tidak berarti. Nilai mengarahkan perilaku dan pertimbangan seseorang.
10. AGAMA 
Agama merupakan pedoman hidup untuk meraih kebahagiaan disunia dan diakhirat. Sebagai umat beragama, seseorang harus menjalankan kewajiban dan menjauhi larangan Tuhan.
11. WEWENANG 
Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan atau mendapat pengakuan dari masyarakat.
12. LINGKUNGAN 
Lingkungan adalah (1) daerah (kawasan dsb) yg termasuk di dalamnya; (2) bagian wilayah dl kelurahan yg merupakan lingkungan kerja pelaksanaan pemerintahan desa
13. INTEGRASI 
Integrasi (integration) adalah suatu proses pengembangan masyarakat dimana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan serta secara bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.
14. DIS INTEGRASI 
Disintegrasi adalah suatu keadaan dimana tidak ada keserasian pada bagian-bagian dari suatu kebulatan yang dikarenakan adanya pertentangan-pertentangan. Disintegrasi dapat dirumuskan sebagai suatu proses berpudarnya norma-norma dan nilai-niai dalam masyarakat karena peubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan.
15. KELOMPOK SOSIAL 
Salah satu penggunaan istilah mengartikan kelompok sebagai setiap kumpulan manusia secara fisik yang tidak memiliki ikatan kebersamaan apa-apa, kecuali jarak fisik yang dekat. Pengertian yang kedua adalah sejumlah orang yang memiliki persamaan ciri-ciri tertentu. Pnggunaan lainnya mendefinisikan kelompok sebagai sejumlah orang yang memiliki pola interaksi yang terorganisasi dan terjadi secaraberulang-ulang.
16. PROSES SOSIAL 
Proses Sosial adalah cara berhubungan yang dapat dilihat apabila individu dan kelompok saling bertemu dan menentukan system serta bentuk hubungan tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang menyebabkan goyahnya cara-cara hidup yang telah ada. Atau dengan kata lain, proses social diartikan sebagai pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama.
17. PENGENDALIAN SOSIAL
 Pengendalian social (social control) adalah segenap cara dan proses yang digunakan oleh suatu kelompok atau masyarakat untuk menjamin terciptanya konformitas para anggotanya terhadap harapan kelompok atau masyarakat itu.
18. PERUBAHAN SOSIAL 
Perubahan Sosial (Social change) adalah Perubahan dalam struktur social dan jalinan hubungan dalam masyarakat ; seringkali penggunaannya dipertukarkan dengan istilah perubahan budaya.
19. STRATA SOSIAL
Strata Sosial adalah menurut Drs. Robert M.Z. Lawang adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise 20. SISTEM SOSIAL Sistem Sosial dapat diartikan sebagai suatu keseluruhan dari unsur-unsur sosial yang berkaitan dan berhubungan satu sama lain serta saling mempengaruhi dalam suatu kesatuan atau kebulatan.
20. PENYIMPANGAN SOSIAL 
“Penyimpangan adalah setiap perilaku yang dinyatakan sebagai suatu pelanggaran terhadap norma-norma keelompok atau masyarakat”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar